Oleh: Majalah Infovet (Infovet Magazine) | September 24, 2007

Mentan: Pasokan Daging Ayam dan Sapi untuk Idul Fitri Tercukupi

Menteri Pertanian Anton Apriantono mengatakan bahwa pasokan daging ayam dan sapi untuk kebutuhan Idul Fitri telah tercukupi. “Stok untuk Idul Fitri ada, sudah cukup. Tidak ada masalah,” kata Anton saat melakukan kunjungan kerja ke tempat penggemukan sapi, peternakan ayam pedaging, dan petelur di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (20/9).

Dia mengatakan harga daging ayam ramadhan tahun ini tidak berbeda jauh dibandingkan tahun sebelumnya. “Daging ayam saat ramadhan tahun lalu kan berkisar Rp 20 ribu, sekarang juga sekitar itu. Kita harus bandingkan harga sekarang dengan ramadhan tahun lalu, kalau coba dibandingkan dengan sebelum ramadhan memang berbeda,” katanya.

Menurut dia, memang ada beberapa faktor yang menyebabkan harga daging ayam naik, salah satunya karena harga pakan yang meningkat dan tidak bisa dihindari.

Dia mengatakan harga jagung untuk pakan ternak saat ini naik karena kebutuhan konversi untuk biotanol semakin meningkat sehingga harga menjadi naik.

Untuk mengatasi adanya lonjakan harga, Anton mengatakan, akan meminta kepada peternak untuk memperlancar pasokan. Jangan sampai tersendat di satu tempat sehingga menyebabkan lonjakan harga yang cukup tinggi.

Terkait dengan ketersediaan stok daging sapi pada hari raya Idul Fitri kali ini, dia mengatakan, telah mencukupi dan tidak ada masalah.

Menurut dia, isu adanya lonjakan harga hanyalah permainan di tingkat pasar. Karena menurut dia, perbedaan harga di saat ramadhan tahun ini dengan tahun lalu harnya berkisar diangkat Rp 2.000 saja. antara

is

Sumber Surat Kabar Harian Republika


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori