Oleh: Majalah Infovet (Infovet Magazine) | September 17, 2007

Penyakit Parasit

Apabila anak ayam dibiarkan berkeliaran, mereka harus dilindungi dari pemakan mangsa dan ayam yang buas terutama pada malam hari. Tikus dan kutu ayam kalau dibiarkan dapat menyebabkan kontaminasi pada makanan ayam yang ahirnya dapat menimbulkan penyakit.

Pisahkan ayam betina muda dari yang lebih tua. Hal Ini akan menolong mengurangi kemungkinan menyebarnya penyakit dari induk ayam yang lebih tua ke yang lebih muda. Ayam betina dapat terkena penyakit cacing. Sebagaimana dikemukakan sebelumnya, terdapat sejumlah obat yang dapat dipergunakan untuk mencegah parasit pada ayam yang datangnya dari dalam. Dengan pengelolaan dan sanitasi yang baik dapat membantu mengurangi terjangkitnya parasit. Periksalah beberapa ayam betina dari waktu ke waktu untuk parasit yang datangnya dari luar seperti kutu ayam.

Para peneliti pun melakukan upaya penelitian tentang Parasit. Parasit-parasit yang umum dikenal antara lain: Protozoa (Eimeria tenella, Toxoplasma gondii, Leucocytozoon, Trypanosoma, Babesia), Penyakit Cacing Nematoda (Ascardia galli, Haemonchus contortus, Strongyl dan Strongyloides), Penyakit Cacing Trematoda (Fasciola gigantica), Penyakit Cacing Cestoda (Diphylobothrium latum, Railietina sp, Oxyspirura mansoni), Ektoparasit, Parasit Ikan.

Misalnya fkh ugm, melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, di mana kegiatan-kegiatan ini dalam pelaksanaannya melibatkan Dosen bagian Parasitologi, Mahasiswa, Kelompok Masyarakat dan Pemerintah Daerah di antaranya adalah sebagai berikut:

Pemberdayaan masyarakat kelompok ternak Sapi Potong Pandan Mulyo, Srandakan, Bantul dalam mencegah dan memberantas penyakit parasit secara terpadu melalui kegiatan belajar mengajar dan praktikum lapangan.
Pendampingan kelompok ternak sapi Bina Gama Desa Banaran dalam mendukung konservasi keanekaragaman hayati Hutan Wanagama, Gunung Kidul.
Pengembangan Stasiun Flora Fauna Bunder, Gunung Kidul sebagai Taman Wisata Alam sebagai upaya dalam pelestarian satwaliar Rusa Jawa (Cervus timorensis).
Pemeriksaan parasit pada ternak di sekitar kawasan Hutan Lindung dan Cagar Alam di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur.
Penyuluhan penyakit parasit pada kambing di kelompok ternak desa Nglipar, Gunung Kidul.
Penyuluhan penyakit parasit pada kambing di kelompok ternak desa Nganggring, Turi, Sleman.
Penyuluhan penyakit parasit pada hewan dan ternak di Dinas Peternakan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penyuluhan penyakit pada satwaliar di Balai Konservasi Sumber Daya Alam Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penyuluhan Penyakit Parasit zoonosis pada pertemuan Dharma Wanita Persatuan Fakultas teknik UGM

Upaya Mengurangi Lalat

Upaya peningkatan produksi pangan yang salah, dengan tingkat ketergantungan yang tinggi
terhadap bahan kimia dan pestisida lainnya, memberikan dampak kimia negatif,
yang berlanjut pada pertaruhan nilai kesehatan manusia akibat residu kimia yang ditinggalkan.
Dampak negatif yang serius terhadap lingkungan menyebabkan penurunan kualitas produksi
akibat kerusakan unsur hara tanah yang diikat oleh residu kimia dalam tanah.

Mengantisipasi kedua dampak serius diatas dan merespon ancaman pasar global akan kebutuhan produk organic, banyak cara dilakukan termasuk dengan cairan minuman stimulan yang: diterapkan pada ayam buras yang di antaranya dianggap punya keunggulan
Menekan ongkos produksi 15 s/d 25% untuk pengadaan pakan
Mampu melepaskan pemakaian vitamin serta konsentrat buatan/pabrik
Meningkatkan produktifitas telor dan daging secara kuantitatif dan kualitatif
Menetralisir limbah kotoran (bebas polusi)
Mengurangi jumlah lalat dan serangga ternak
Mengurangi ketegangan/stress pada ternak dan menekan angka mortalitas.
(Infovet/ Berbagai Sumber)


Responses

  1. penyakit pada daging penyebab zoonosa (yang dapat menular ke manusia) itu apa aja ya contohnya?

  2. yang paling terkenal: anthrax

    yang lain: cacing hati,

  3. kalo bisa info tentang penyakit parasit di paket dalam satu info, jadi masyarakat lebih memahami dengan lebih jelas. trims

  4. info vetreriner diperbanyak ya….biar aku juga sering klik

  5. Bagi teman-teman peternak sapi yang membutuhkan obat antiparasit jenis “pour on” impor dari australia dapat menghubungi saya via mail: swdskom@yahoo.com atau nomor hp 08121596275 / 02746929565. Obat ini terbukti sangat manjur untuk mengatasi ektoparasit dan endoparasit pada sapi.

  6. Bagi teman-teman peternak sapi yang membutuhkan obat antiparasit jenis “pour on” impor dari australia dapat menghubungi saya via mail: swdskom@yahoo.com atau nomor hp 08121596275 / 02746929565. Obat ini terbukti sangat manjur untuk mengatasi ektoparasit dan endoparasit pada sapi. Obat antiparasit ini sangat mudah pemakaiannya, dicurahkan di punggung sapi, tidak seperti obat konvensional yang dimasukkan lewat oral atau injeksi. tetapi dengan pemakaian sesuai dosis dampaknya jauh lebih hebat dibanding obat-obat konvensional.

  7. tolong info tentang pengobatan tradisional penyakit parasit pada hewan donk….. biar masyarakat tau selain obat-obatan kimia, obat taradisional juga bisa menjadi alternatif lain pada pengobatan hewan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori