Surat Pembaca

Pembaca setia Infovet yang terbit sejak 1992 adalah masyarakat peternakan kesehatan hewan pada berbagai profesi dan pekerjaan, peternak, perusahaan sarana produksi peternakan (bibit, pakan, obat, peralatan, dan lain-lain), akademisi, peneliti, pemerintah, pengusaha, dan masih banyak lagi.

Tuliskanlah masukan dan komentar Anda dalam Rubrik Surat Pembaca ini. Tulisan Anda akan kami muat dalam Surat Pembaca Majalah Infovet edisi cetak yang terbit setiap bulan.

Kiranya bermanfaat untuk Anda!

Responses

  1. Yth. Tim Redaksi Invovet

    mhn berkenan memberikan informasi mengenai kebijakan pemerintah, terkait dengan penerapan program vaksinasi AI terhadap unggas. Kami masih mengalami kebingungan terhadap regulasi kebijakan pemerintah. Sebenarnya wajibkah kami melaksanakan vaksinasi atau cukup dengan menerapkan biosecurity yang ketat. Jika wajib, mohon masukan konkret mengenai jenis vaksin apa dan diproduksi oleh perusahaan mana yang sekiranya aman dan sesuai dengan program / rekomendasi pemerintah dalam menanggulangi / menangani AI? terimakasih.

  2. bagai mana sih cara cepat mendapatkan majalah infovet? saya selalu mendapatkan majalah setiap akhir bulan, bulan ini saja saya baru dapat hari ini. denny (bogor)

  3. Apakah Bapak Langganan? Atau beli eceran?

    Terimakasih,
    Dept Pemasaran

  4. bagaimana mensiasati kulitas pakan hijauan yang pada musim kemarau protein kasarnya turun.

  5. hai team redaksi infovet, saya Junaidi karo karo mahasiswa Peternakan Diploma 3 IPB
    saya mau kasih saran nich,…..
    ternyata penggemar ayam cemani untuk saat ini lumayan banyak, gimana kalau di edisi berikutnya ada info tentang ayam cemani lengkap “beserta harganya dan tempat pembeliannya”. hanya itu info dari saya, terimakasih sebelumnya. Infovet Maju terussssssss…..!!!!

  6. saya irwan mahasiwa d3 IPB

    saya sangat menyayangkan tindakan pemerintah yang kurang terbuka terhadap virus yang menyebar didunia penternakan sekarang, karena akan mengakibat peternak tidak dapat mencari sumber kehidupanya akibat sekarang masyarakat sudah ragu akan produk ternak dan takut untuk mengkonsumsi produk ternak tersebut.
    terima kasih

    infovet maju terus dan selalu lah menjadi majalah terdepan, terbuka dan berani memberikan informasi

  7. Saya mau minta Tolong!!!!!!!!

    Saya lagi cari alamat-alamat peternakan sapi perah di indonesia, khususnya di jawa.
    Tolong dong kasih tau alamat-alamat peternakan sapi perah!
    saya sangat berterima kasih atas bantuannya.

  8. Salam Peternakan,….
    Saya datang lagi Infovet,….
    Kalau sekarang saya Sudah Berlangganan Majalahmu…..
    Saya mau kasih saran nich,… gimana kalau ada ulikan tentang ayam arab, karena kalau saya tilik jaman sekarang ini prospek usaha ayam arab sangat bagus. Terima kasih

  9. salam peternakan> salam kenal, sekarang pemeliharaan ayam petwlur menjadi 4 fase dengan istilah fase strter, strter, grower dan layer, dai istilah pre starter dan starter apa perbedaannya

  10. ass. saya peternak dari trenggalek dan masih pemula untuk itu saya ingin tau bagaimana cara mencari bibit sapi perah yang bagus/unggul dan bagaimana cara merawat sapi perah supaya hasil prodoksinya meningkat/bagus? trimakasih wasalam………….

  11. Salam sukses, saya marzuki dari Aceh, beberapa hari yg lalu ada informasi pemasokan daging ilegal dari luar negri ke Aceh (beritanya dapat dilihat pada Harian Serambi Indonesia dan Harian Aceh Independen). Walaupun berita ini masih sinyalemen tapi saya rasa ini sangat menarik untuk ditelusuri, karena selain aktivitas tersebut ilegal, efek dan impactnya juga sangat mengkhawatirkan dunia peternakan kita, apalagi berhubungan dengan PMK.
    Saya berharap Infovet dapat mem-follow up berita tsb dan menginvestigasikannya secara mendalam untuk dapat disajikan sebagai bumbu penyedap pada infovet edisi berikut.

  12. ass.saya cuma mo tanya alamat pabrik pakan ternak di jateng dan diy.terima kasih sebelumnya.wasalam

  13. Sentralternak adalah distributor sapronak seperti mesin penetas telur, kandang battery, mesin pencabut bulu, bibit unggas (DOC ayam kampung,
    DOC ayam arab, DOC broiler, DOC layer, DOQ, DOD itik mojosari), bibit kelinci, jasa pembuatan biogas, training atau diklat bidang peternakan, dan konsultasi gratis seputar ternak. Silahkan berkunjung pada situs kami di http://www.sentralternak.com (Harga boleh diadu dengan kualitas produk dan layanan kami). Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Agus Harianto S.Pt (0341) 9127374/081.555.640.540. TEMUKAN PELUANG BETERNAK HANYA DI SINI !!!

  14. butuh info tentang ternak sapi potong di sumut n apa aza yang harus dilengkapi buat dirikan farm sapi potong.

  15. kalau ada sesiapa jual cacing tanah. sila hubungi saya di mfzra@hotmail.com.

  16. Bagaimana cara bikin pakan ternak yang bagus dgn bahan dasar jagung? Informasi : Daerah saya lagi musim panen Jagung, tp harga dipasaran anjlok.

  17. dimana kalau kt bs mendapatkan bibit sapi perah unggul? terima kasih

  18. Assalamu’alaikum Wr Wb,

    Ada yang tahu alamat peternakan-peternakan sapi perah sekitar Jakarta? Jika ada tolong email saya ke hdewantara@hotmail.com

    Saya sedang mencari kotoran sapi basah untuk keperluan biogas rumah tangga. Jumlahnya tidak banyak, tapi rutin tiap bulan.

    Terima kasih.

  19. Assalamu’alaikum Wr Wb,

    Ada yang tahu alamat peternakan sapi perah di sekitar Jakarta? Jika ada, tolong hubungi saya di hdewantara@hotmail.com

    Yang saya perlukan adalah kotoran sapi basah, jumlahnya tidak banyak, tetapi rutin.

    Terima kasih sebelumnya.

  20. SURAT PEMBACA

    Tanggapan PDHI Cabang DKI Jakarta Atas
    Artikel Infovet Edisi 171-Oktober 2008
    Bag. Ekonomi Bisnis : Sapi Tumbuh Gemuk di Tempat Sampah
    “Sebuah Peluang Usaha Menarik”

    PDHI Cabang DKI Jakarta sebagai organisasi profesi dokter hewan yang memiliki kepedulian terhadap kesehatan masyarakat veteriner, dengan ini bermaksud untuk menanggapi Artikel didalam Infovet edisi 171 bulan Oktober 2008 berjudul Sapi Tumbuh Gemuk di Tempat Sampah “Sebuah Peluang Usaha Menarik”.

    Memang benar ada kenaikan berat badan yang nyata jika sapi dilepas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), namun perlu diperhatikan adanya gangguan kesehatan hewan ataupun gangguan yang dapat mempengaruhi kesehatan dagingnya. Berdasarkan penelitian seorang Dosen Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro Semarang pada sapi yang digembalakan di TPA ditemukan kadar Pb (Timbal) dalam hati sapi sebesar 2.48 ppm, [Koran Kompas, 27 Desember 2006] akibat mengkonsumsi sampah yang tercemar oleh bahan – bahan kimia yang dibuang di TPA.

    Jenis bahan pangan lain yang mengandung kontaminan Pb (Timbal) cukup tinggi adalah sayuran yang ditanam di tepi jalan raya. Kandungan rata-ratanya sebesar 28.78 ppm, jauh diatas batas aman yang diizinkan Direktorat Jendral Pengawas Obat dan Makanan, yaitu sebesar 2 ppm [Winarno, 1997], sementara itu dari hasil penelitian yang dilakukan oleh UPT. Laboratorium Kesmavet Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Provinsi DKI Jakarta diperoleh 32 sampel jeroan sapi (20,5%) mengandung kadar Pb (Timbal) yang melebihi BMR Pb (Timbal) pada daging berkisar antara 0.042 – 9.39 ppm yang terdiri dari 11 sampel (34,4%) jeroan impor dan 21 sampel (65,6%) jeroan lokal. Bagaimana cara memelihara sapi sehingga jeroan tercemar oleh Pb belum diketahui, karena belum dilakukan penelusuran.

    Kami berharap “Penggembalaan Sapi di Tempat Sampah“ tidak dijadikan suatu cara meningkatkan berat badan sapi, karena TPA mengandung banyak cemaran-cemaran seperti cemaran logam berat dan mikroba yang dapat mempengaruhi kesehatan ternak dan produknya.

    Demikian tanggapan dari kami, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

    Jakarta, 22 Desember 2008
    drh T Arsentina Panggabean , MAP.
    Ketua PDHI Cab. DKI Jakarta

  21. Salam Majalah Infovet.
    saya seorang mahasiswa.
    Majalah infovet cukup bermanfaat bagi peternak, tapi distribusinya masih sangat kurang, khususnya didaerah timur, apalagi peternakan-peternakan didaerah Indonesia timur saat ini sedang berkembang, jadi sangat membutuhkan informasi-informasi tentang dunia peternakan.
    terima kasih

  22. TEROBOSAN DAHSYAT 2009 !

    Kami dari PT Randu Agung Jaya mau menawarkan suatu terobosan dahsyat di tahun 2009.
    Salah satu divisi kami di bidang equipment / perlengkapan menghasilkan suatu inovasi yang dahsyat dalam kandang baterai untuk ayam petelur.
    Keunggulan Rajasa Battery :
    • Terbuat dari Kayu Kalimantan & Kayu Papua pilihan
    (pertama di Indonesia & dunia)
    • Design yang menarik dan ringkas
    • Konstruksi yang kuat dan kokoh
    • Awet (dapat bertahan sampai lebih dari 15 tahun)
    • Tempat makan dan minum manual yang mudah dibersihkan
    • Berat sekitar 15 kg (untuk 1 meter diisi 5 ekor ayam)
    • Per ruas untuk satu ekor ayam (single)
    • Mudah dan cepat pemasangannya

    Untuk promosi perdana ini ada penawaran yang khusus buat Anda.

    Hubungi segera : Herri Kuswanto Komala ( 081-5555-8828 ) atau di herrikomala@yahoo.com

    Salam dahsyat rruar biasa !!

  23. YTH, REDAKSI INFOVET

    SAYA INGIN MENGOMENTARI TULISAN fARM BROILER TIDAK ADA RUGINYA.
    MAKSUDKU SAYA SETUJU

    KALAU PENULIS DAN YANG DIWAWANCARA BARANGKALI MASIH PEMAIN KANTORAN, KALAU SAYA TERJUN LANGSUNG SEBAGAI KEPALA KANDANG TERMASUK PANEN , PEMASARAN DAN ANALISIS UNTUNG RUGI.

    kALAU BUNGA KREDIT DINEGERI INI DIBERLAKUKAN SAMA DENGAN MALAYSIA
    YAITU 2 PERSEN PER TAHUN, MAKA SAYA BARANGKALI SUDAH JADI PENGUSAH FARM BROILER

    WASSALAM

  24. YTH tim redaksi infovet, di malang kira2 dimana saya bisa mendapatkan majalah ini,,,?

  25. Redaksi yth,

    Saya mengucapkan terimakasih kepada majalah Infovet dalam memberikan informasi tentang peternakan dan kesehatan hewan.
    Sebagai peternak pemula,saya mohon bantuan informasi mengenai pengolahan kotoran ayam.Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  26. salam kenal ,,mohon bantuannya di malang kira- kira mana saya bias mendaptakan tabloid ini,, n gimana kalaw mw berlangganan n berapa harga satuan nya,,,, terima kasih

  27. asw,,
    salam kenal,,
    sy yudhan mahasiswa s1 fkh ugm,
    cuma mau numpang mengucapkan

    SELAMAT ULANG TAHUN INFOVET..

    maju terus!!
    semoga selalu sukses..
    waslm

  28. Dear Red. Infovet,
    Mohon ulasannya mengenai DOC yang sudah divaksin ND, IBD dari hatcher…apakah safe dan protektif??Tq

  29. salam kenal, bagi rekan rekan yang membutuhkan info dan harga semen beku untuk semua jenis sapi bisa menghubungi saya, erwin gayo di 0811229090. terima kasih untuk infovet.

  30. tksd banyak sebelumya saya haturkan.

    salam kenal

    buat rekan rekan yang membutuh baqhan baku pakan ternak sapi serta obat obatan peternakan kami siap melayani.

    contac person:jeber suyanto
    hp.081324949518

  31. salam majalah infovet, saya lagi butuh informasi mengenai usaha ternak ayam :
    1. bagaimana ukuran konstruksi bangunan kandang ayam yang ideal untuk 5000 ekor?
    2.bagaiman caras menyusun proposal dan bagaimancara merumuskan analisi usaha dan parameternya?
    3. beraapa anggaran dana untuk membuka usaha terank ayam kapasitas 5000 ekor?
    4. berapa jumlah pakan yang dibutukan untuk usaha ternak ayam ?.terimakasih atas perhatianya dan bantuannya saya sangat membutuhkan informasi tersebut ,semoga bapak/ibu dapat membantu kesulitan saya ini.

  32. sya butuh info langsung breeding harga doc super,saat ini saya ada order 280 box/minggu franco bandung


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: